Tuesday, October 30, 2012

Contoh PKP UT Tahun 2012

Berikut contoh PKP (Pemantapan Kemampuan Profesional) UT tahun 2012, semoga bermanfaat.

IPA
 
LAPORAN PKP-PGSD
PDGK 4501


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PENGGOLONGAN HEWAN DAN JENIS MAKANANNYA
DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR


Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah
Pematapan Kemampuan Profesional






Disusun oleh:
Nama                           : ..............
NIM                            :
Program Studi             : PGSD-S1
Pokjar                          : Malangong
Kab./Kota                   : Garut
Masa Registrasi           : 2012.2




UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA
2012

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
HASIL PERGAIKAN PEMBELAJARAN
PKP-PGSD/PDGK 4501


Nama Mahasiswa                                : 
NIM                                                    : 
Program Studi                                     : PGSD-S1
Tempat Mengajar                                : SDN 
Jumlah Siklus Pembelajaran                : 2
Hari dan Tanggal Pelaksanaan            : Siklus 1, Hari Rabu, tgl. 24 Oktober 2012
                                                              Siklus 2, Hari Rabu, tgl. 31 Oktober 2012
                                                              Siklus 3, Hari ..........

Masalah yang merupakan fokus perbaikan:
1.      .............................................................................................................................
.............................................................................................................................
2.      .............................................................................................................................
.............................................................................................................................



Menyetujui,
Supervisor 1,





......
NIP. ..

Garut,  Oktober 2012

Mahasiswa,





.....
NIM. .






LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT


Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)  yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.



Garut,  Oktober 2012
Yang membuat pernyataan,


Materai 6.000


.....
NIM. ....

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Peningkatan mutu pendidikan melalui proses belajar mengajar yang inovatif di SD telah menjadi komitmen besar yang dilaksanakan oleh guru, kepala sekolah, dan pembina pendidikan lainnya. Beberapa bentuk perwujudannya antara lain penyempurnaan kurikulum dan berbagai aspek pendukung lainnya. Penyempurnaan kurikulum dan berbagai kebutuhan setiap daerah menggiring para guru ke arah proses pembelajaran yang kondusif. Namun tidak dapat disangkal bahwa kemajuan zaman dan teknologi menuntut para guru untuk lebih kreatif menciptakan iklim kelas yang kondusif.
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian tindakan (action researhb)  yang dilakukan di kelas, yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan konkret di dalam kelas yang dialami langsung oleh guru dan siswa, juga untuk mendorong tumbuhnya budaya akademis dan meningkatkan profesinaliseme guru (Undang, 2008). Sedangkan menurut Wardhani (2007), penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki keinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Menurut Wardhani et al. (2007, penelitian tindakan kelas dilakukan oleh guru berkaitan dengan sepuptar profesionalisme, praktek di kelas, kontrol sosial terhadap guru, serta kemanfaatan penelitian pendidikan. Alasan penelitian tindakan kelas dilakukan oleh guru yaitu: 1) Guru yang baik perlu mempunyai otonomi dalam melakukan penilaian profesional, sehingga ia tidak perlu diberi tahu apa yang harus ia kerjakan; dan 2) ketidaktepatan paradigma penelitian tradisional dalam membantu guru memperbaiki kinerjanya dalam mengajar.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Ilmu pengetahuan Alam (IPA) merupakan pilihan penulis untuk  melaksanakan salah satu tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional.(PDGK 4501).
Pengetahuan alam adalah pengetahuan tentang alam semesta dengan segala isinya. Adapun pengetahuan itu sendiri artinya segala sesuatu yang diketahui oleh  manusia. Secara singakt IPA adalah pengetahuan yang rasional dan oyektif tentang alam semesta dengan segala isinya.

Identifikasi Masalah
Data siswa hasil tes formatif materi tentang menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dari 22 siswa yang telah menguasai materi tersebut yang mandapat nilai 70% keatas hanya 12 orang sissanya 10 siswa masih 60% ke bawah.
Dari hasil diskusi dengan supervisor 2 didukung dengan pengumpulan data 10 siswa belum memahami materi tentang menggolongkan hewan berdasarkan janji makannya sehingga siswa ragu-ragu dalam menjawab dan cenderung pasif.
Berdasarkan kasus tersebut diatas proses identifikasi masalah yang dibantu oleh seorang guru kelas, maka terungkap beberapa masalah yang terjadi selama pembelajaran berlangsung dalam mata pelajaran IPA “Menggolongakan Hewan dan Jenis Makanannya” yaitu :
1.      Siswa kurang memahami materi pelajaran.
2.      Siswa kurang termotivasi dalam materi pelajaran
3.      Siswa kurang berani untuk bertanya
4.      Siswa kurang mampu menyelesaikan soal yang dierikan guru.

Analisis Masalah
Hasil refleksi dan masukan supervisor 2, faktor penyebab hal-hal tersebut diatas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. “Menggolongakan Hewan dan Jenis Makanannya”, yaitu :
1.      Kurangnya mengkondisikan siswa kearah pembelajaran yang kondusif.
2.      Tidak menggunakan alat peraga yang tepat sebagai media pembelajaran.
3.      Kurangnya penguatan yang diberikan guru terhadap siswa
Selengkapnya email ke KESINI

1 comment:

  1. http://qizz234.blogspot.com/ untuk contoh PTK atau PKP yang terbaru

    ReplyDelete