Thursday, July 26, 2012

SKRIPSI : PTK IPA Metode Eksperimen


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
TENTANG ENERGI PANAS DALAM PEMBELAJARAN IPA
MELALUI METODE EKSPERIMEN

(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cibunar 01
Kabupaten Garut)


Oleh:
................................................
NIM. ......................................


ABSTRAK

Hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Cibunar 01 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut menunjukkan hasil yang belum menggembirakan. Pencapaian hasil belajar yang tidak maksimal dalam pembelajaran IPA, salah satunya diakibatkan oleh ketidaktepatan dalam penggunaan metode pembelajaran yang dipilih oleh guru. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif adalah dengan menggunakan metode eksperimen.   Penelitian dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi di kelas yaitu hasil belajar siswa belum mencapai target yang diharapkan. Sebagai gambaran nilai IPA rata-rata tes harian semester I Tahun Pelajaran 2009 – 2010 pada siswa sebesar 5,5. Rendahnya hasil belajar siswa ini tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tentang energi panas setelah diterapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, dengan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi guru/siswa. Subyek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN Cibunar 01 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut yang berjumlah 30 siswa. Perencanaan yang dilakukan meliputi penuyusunan RPP, menyiapkan lembar observasi, dan mempersiapkan alat eksperimen. Pelaksanaan metode eksperimen dimulai dari penyiapan alat eksperimen, pelaksanaan eksperimen, pelaporan hasil eksperimen, dan diskusi. Hasil penelitian dengan metode eksperimen menunjukan perbedaan nilai gain pada setiap siklus yang dilakukan. Pada Siklus I gain yang diperoleh adalah 3,44, dan pada Siklus II gain yang diperoleh adalah 3,60. Kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen adalah, keterbatasan alat eksperimen, kebiasaan metode yang diterapkan guru yang konvensional, waktu pelaksanaan metode eksperimen yang  sulit diprediksi, dan kemampuan guru dalam pelaksanaan eksperimen yang terbatas.

BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Sebuah permasalahan yang terjadi dan dihadapi pada dunia pendidikan kita, adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Yang terjadi pada saat ini rata-rata dalam proses pembelajarannya di dalam kelas, seorang anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di dalam kelas, guru atau pendidik kebanyakan hanya mengarahkan anak untuk mampu menghapal berbagai informasi; otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya, ketika anak didik dinyatakan lulus – karena nilai sesuai  standar minimal – dari suatu jenjang pendidikan di sekolah, mereka pintar secara teoritis, tetapi mereka miskin aflikasi atau penerapan. ......


BAB II
METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA
DAN HASIL BELAJAR

A.    Hakikat Belajar dan Pembelajaran
Belajar dan mengajar merupakan dua konsep yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman (Gagne dalam Sagala, 2010: 13). Sedangkan menurut Skinner (dalam Sagala, 2010: 14) “belajar adalah suatu proses adaftasi atau penyesuauan tingkah laku yang berlangsung secara progresif”.
Menurut Gagne (dalam Sagala, 2010: 13) belajar memiliki tiga pokok diantaranya :
1.      Belajar merupakan proses mental dan emosional atau aktifitas pikiran dan perasaan;
2.      Hasil belajar berupa perubahan perilaku, baik yang menyangkut kognitif, psikomotor maupun afektif;
3.      Belajar berkat pengalaman, baik pengalaman secara langsung maupun tidak langsung (melalui media).
 ....................................... dst..



Selengkapnya hubungi via email ke : ginacomp.74@gmail.com 

No comments:

Post a Comment