Saturday, July 21, 2012

Proposal PTK IPA SD Dengan Menerapkan Metode Diskusi


  1. Judul
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN MALANGBONG 01 TERHADAP PELAJARAN  IPA DENGAN MATERI CIRI-CIRI KHUSUS PADA TUMBUHAN DENGAN MENERAPKAN METODE DISKUSI.

  1. Latar Belakang Masalah
Dalam tatanan masyarakat yang sedang membangun dan mengalami repormasi diberbagai bidang kehidupan. Mengkaji masalah pendidikan merupakan topik yang menarik dan aktual.
Hal ini pendidikan merupakan integral dari pembangunan negara Indonesia. Dalam rangka meninngkatkan kualitas pendidikan di mata dunia untuk itu guru perlu menciptakan suasana belajar yang banyak melibatkan anak sehingga anak mengalami sendiri proses belajar.
Untuk mengatasi masalah ini salah satunya adalah dengan cara diskusi sehingga dapat merangsang dan menciptakan kemampuan belajar siswa secarqa langsung pada anak dalam mengeluarkan pendapat atau gagasan yang baik. Dengan metode diskusi sangat efektif dalam mengaktifkan siswa dalam belajar tentang penggolongan hewan bersasarkan jenis makanannya.



  1. Rumusan Masalah
  1. Bagaimanakah proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan?
  2. Apakah kemampuan siswa setelah menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan?.

  1. Tujuan Penelitian
Sasaran utama yang diharapkan dari tujuan kegiatan penelitian guru di dalam kelasnya adalah:
  1. Untuk memahami proses belajar dengan menggunakan metode diskusi terhadap materi menggolongkan makhluk/hewan berdasarkan jenis makanannya di Kelas VI SD Negeri Malangbong 01 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.
  2. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan di Kelas VI SD Negeri Malangbong 01 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

  1. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan setelah guru mengadakan penelitian dikelasnya adalah:
  1. Bagi Siswa
Dapat mencipatakan suasana belajar secara aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.

  1. Bagi Guru
Dapat meningkatkan pengalaman langsung kepada guru Kelas VI untuk memecahkan masalah secara terencana di dalam kelas.
  1. Bagi Sekolah
Memberi masukan atau ide pembelajaran untuk meningkatkan kualitas sekolah agar tercipta lulusan yang berkualitas sehingga sekolah mencapat kepercayaan dari masyarakat.

  1. Kajian Pustaka
  1. Kajian Teori
Pembelajaran yang dilaksanakan selama ini dengan menggunakan ceramah sangatlah membosankan cenderung monoton, kurang membangkitkan gairah belajar siswa sehingga pembelajaran mudah terlupakan.
Pembelajarn KBM diperoleh atas rencana pembelajarn dan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan yang baik tidak hanya dirancang untuk diaflikasikan dalam bentuk aksi mengajar guru, namun dirancang agar tercipata interaksi antara guru dan siswa yang memuat prilaku resiprokal antara guru dengan peserta didik bahkan antara siswa dengan media alat peraga.
Untuk itu diperlukan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi kelas yang dihasilkan dari kerja sama antara guru dan siswa. Metode yang paling tepat adalah metode diskusi.
  1. Kerangka Berpikir
Berdasarkan uraian di atas diduga dalam mengajarkan materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan dengan metode ceramah saja kurang dipahami siswa. Siswa kurang aktif dan tidak mendapatkan pembelajaran dari materi tersesbut. Tetapi dengan metode diskusi pemahaman siswa semakin mendalam.
Dari uraian di atas diduga bahwa pencapaian metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa serta kemampuan siswa Kelas VI SDN Malangbong 01 tentang materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan.
  1. Hipotesis Tindakan/Pertanyaan Penelitian
Berdasarkan masalah di atas maka hipotesis tindakan penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran dengan metode diskusi mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa, terutama dalam memahami materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan.

Selengkapnya kirim email ke : ginacomp.74@gmail.com

No comments:

Post a Comment